Thunders: 250 vs 125

Halo sobat yang sedang searching ato penasaran ama produk motor sport Suzuki satu ini, ini lah sobat dapatkan. 

Logo khas Suzuki Thunder
suzuki thunder gsx 250
Suzuki Thunder GSX 250 tahun 2005
Ane mau sharing sedikit aja tentang perjalanan nih motor yang gw tau. Thunder merupakan motor produksi suzuki yang mulai produksinya sekitar tahun 1999an sampai sekarang (tahun 2016 karena bentar lagi ane buat mo masuk tahun depan 2017 wkwkwk) yang katanya dah discontinue. Maklum discontinue karena motor ini jarang yang meminat karena peminatnya kurang banyak dan gw liat pun yang punya Thunder juga cukup jarang. Suzuki Thunder yang di produksi di Indonesia bermesin 250 cc dan 125 cc. Versi pertama yang keluar duluan itu 1999-2005 yang versi 250 cc. Ini merupakan motor 250 cc pertama yang masuk di Indonesia pada tahun segituan dan harga pada waktu itu di bandrol sangat mahal. Waktu itu juga abis krisis moneter juga kan jadinya tumpplek blegk.

Jadinya orang jarang yang beli Thunder ini yang orang kaya aja 😆. Dulu dibilang motor orkay. Karena penjualannya dikit banget ya akhirnya suzuki ngeluarin pengganti nya biar neken biaya dan selera orang waktu itu disini pake motor batangan keren dan yang duitnya pas pasan tapi bisa beli, akhirnya keluarin deh Thunder versi lebih kecil yaitu yang 125 yang dikenal dengan EN 125. Thunder 125 berhasil mendongkrak penjualan. Ya jadinya lebih laku sekali dibanding yang 250. Bayangin aja ane survei dari internet dan denger dari orang-orang kalau Thunder 250 itu dari tahun 1999-2005 cuma laku 8000 unit! Ya bisa bandingin aja sekarang populasinya. 8000 Unit bagi provinsi di Indonesia, bagi lagi yang udah di pretelin motornya, bagi lagi yang udah di jadi bahan motor custom, bagi lagi yang udah taulah diapain lg motornya wkwwk. Nemu standaran di jalanan aja dah susah banget, ama di parkiran. Beda ama Thunder 125. Lumayan jarang tapi itungannya masih banyak yang punya. 

perbandingan thunder 125 dengan thunder 250
Lampu Thunder EN 125
To the point langsung deh kwwkwk...Sejarahnya lumayan bikin waktu ama kalo di analisis kenapa Thunder begini begitu hehehe....Kebetulan ane punya temen yang punya Thunder 125. Kemaren abis pergi jalan-jalan ke Mangga Dua trus makan. Gw rencacna aja nih pengen bikin perbandingan Thunder 125 ama motor gw. Ane dulu sempet cari-cari di blog eh ga nemu yang bikin artikel perbandingan T 125 dengan T 250 wkwkwk. Yodah lah kesempatan aja biar orang makin tau. Soalnya mah orang-orang sekarang ngaku jago tau-tau motor Thunder taunya 125 doang kwwkwk. Gayanya dah kaya paling tau selangit hahahaa...Sans aja itu cma bwt orang2 yang merasa aja. 

Nah pulang dari tempat makan deket rumah langsung aja ta bandingi T125 dengan T250. Motor ane Standar semua. Cuma ganti Spion (asli ada soalnya sayang), Shockbreaker ganti Nitrox punya Pulsar (asli ada) ganti ban depan lebih tebel aja. Motor temen ane Full standar cma ganti spion juga wkwkwkk. Oya temen ane Thunder 125 tahun 2007 yaa. 

  • Segi Bentuk
  • perbandingan thunder 125 dengan thunder 250 2Thunder 125 dengan 250 jika asal liat aja tuh mirip. Tapi ketika sama-sama berhenti. Perbedaan mulai bermunculan :V . Yang gw liat ukuran ban standarnya Thunder 250 jauh lebih besar dibanding 125 yang agak lebih cungkring. Bentuk tangki yang atasnya agak beda dan kunci bensinnya juga beda. Thunder 125 bentuk tangki atasnya agak flat, sedangkan Thunder 250 lebih ada cembungnya.

    perbandingan thunder 125 dengan thunder 250 3Lalu Shock depan Thunder 250 lebih besar dan lebih tinggi dibanding Thunder 125. Kaki-kakinya pun t250 lebih besar juga. Posisi Sein  Thunder 125 persis di tengah-tengah samping bohlam, berbeda dengan Thunder 250 yang di bawah bohlam. Sasisnya ane liat lebih besar thunder 250 terutama di penyangga mesin dan di deket komstirnya. Lalu bentuk lampu Thunder 250 kaya lampu dari mobil-mobil klasik bulet dibannding thunder 125. Lampunya t250 chrome nih yang ane suka muluss wkwkwk. Lalu yang paling menjadi ciri khas motor ini tuh ya gaada meteran bensinnya. Thunder 125 ada semua, kecuali Thunder 250. Tapi gw ga perna dorong kok. Karena ada triknya wkwkwk. Dan gw tau kapan mesti isi bensin kapan masih ada.

    perbandingan thunder 125 dengan thunder 250 4perbandingan thunder 125 dengan thunder 250 5Lalu pilihan warna nya juga beda. Thunder generasi 2005an 2004 warnanya belang. Punya gw termasuk kategori Thunder biru cma belang silver. Sedangkan Thunder 125 setau gw gaada warnanya yang belang. Jadi sepasang semua. Kecuali Thunder generasi awal yang 1999 2000an ama 2001 jarang ada yang belang warnanya. Knalpotnya Thunder 250 lebih besar dan gaada covernya jadi ati-ati aja kalo kena bisa nyess wkwkwk. Kalo T125 ada covernya. Velg T 250 adanya cuma velg jari-jari doang aslinya. Kalo T 125 ada CW ama SW nya kalo gasalah kwwkwk. Kalo rem, disc depannya beda tiang dari radius tengahnya ke luarnya T125 ama T250 cma ane lupa-lupa ingat kwwkwk. Yang jelas kalo T250 ada setelan jarak renggang dari tangannya ada 4 setelan disitu yang ada bunderan ada angka diputer. Kalo diliat dari spesifikasi nya Thunder 250 lebih panjang sedikit dan lebih berat. T 250 beratnya sekitar 140 atau gak 145 kg, sedangkan t 125, 127kg, atau 130 kg an.  Terakhir yang gw liat footstep Thunder 250 bisa dilipet. Thunder 125 ga bisa wkwkwk


  • Segi Mesin dan Performa
  • perbandingan thunder 125 dengan thunder 250 6Thunder 250 Dipersenjatai mesin 1 Silinder SOHC 4 klep dengan teknologi TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber), 249cc Karburator, bertorsi 21 Nm, berdaya 22 hp/ps. On the weel 20 hp. Kapasitas oli 1400 ml. Spek lengkapnya bisa cari-cari sendiri di web hehehe.

    Tarikan nya enteng. Dibanding R25 (bukan bmw r25 yaa tpi yamaha) tarikan bawahnya nendang banget kalo pake ini wkwkw. 0-100 gampang. Gigi 1-4 Thunder ini depan. Cuma kalo da maen top speed kalah ama R25. Kalo dibanding Ninja 250 gatau gw soalnya blom pernah nyobain kwwkwk. Mirip2 kaya R 25 mungkin maen tarikan bawah tanjakan, ngebut kecepatan tertentu dibawah 100 masih dibawah Thunder 250. Bensin sekitar 1:30 sampai 1:25. Knalpot header pembuangannya 2. Beda dibanding dengan Thunder 125 yang cuma 1. Blok mesin Thunder 250 Juga lebih besar dibanding T125 . Di mesin Thunder 250 terdapat tuas dekompresi di silinder headnya. Ini berguna banget kalo lagi electric stater keok. Soalnya engkol 250 lumayan berat juga dibanding motor kelas cc di bawahnya wkwkwk. Tapi sering juga lupa pake yaudah sekalian olahraga jadi biasa wkwkwk. 
    perbandingan thunder 125 dengan thunder 250 8
    Mesin Thunder 125 CC
    perbandingan thunder 125 dengan thunder 250 7
    Mesin Thunder 250 CC 

    Thunder 125 Dipersenatai mesin 1 Silinder SOHC 2 klep, tidak pakai teknologi TSCC, Karburator, 124cc, berdaya 11hp, torsinya sekitar 9,4 Nm. Kapasitas Oli 1000 ml. Kalau Thunder 125 ini blok mesinnya kelihatan besar. Malah lebih besar dari Tiger yang 200 cc. Makanya ama thunder 250 hampir mirip gedenya. 

    Sebenernya mesinnya kecil, karena sirip-sirip yang dibikin besar dan banyak biar mirip seperti kakaknya dulu kelihatan besar mesinnya. Kalo performanya sih standar-standar aja. Ini tarikannya emang gw wajari agak lemot karena bobotnya yang gede kaya motor rata-rata 150 cc. Jadi wajar ini waktu gw nyobain tarikannya kurang ada nariknya wkwkwk. 

Dari segi lain, Thunder ini sama-sama enak dan stabil. Suspensinya yang nyaman baik 125 maupun 250. Awetnya pun juga kata temen gw yang 125 lumayan juga. Dibanding 250 sparepart 250 mahal banget kwwkwk. Partnya sebagian besar sama dari moge gsx 400-1400cc nya Suzuki. Sparepartnya kebanyakan buatan asli jepang dan lokal, dibanding Thunder 125 yang diimpor dari China dan lokal juga ada. Lalu terakhir suara. Suara Thunder 250 lebih "Thunder" dibanding T125 wkwkwk. Dentumannya kalau asal denger dari aga jauh mirip Yamaha Scorpio. Tapi kalo yang tajem telinganya beda. T250 lebih bass dan suaranya lebih garang. Sedangkan t125 lebih alus, lebih mendem dan kalau ngebut gak brisik dan lebih mendentum kaya T250. T250 kalo da agak ngebut, knalpotnya suaranya kaya pake knalpot racing. Padahal knalpot standar pabrik ga diapa2in tuh kwwkwk. 
perbandingan thunder 125 dengan thunder 250 9






















Sekian artikel komparasi ini. Ane buat cuma buat menambah wawasan aja hehehe. Walaupun beda
 tetapi tetap 1 Thunder!!

0 komentar :